Pondok Pesantren Modern Darunnajat. Pondok pesantren ini adalah pondok pesantren modern yang terletak di Dusun Tegalmuning Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah. Pondok yang di dalamnya berkolaborasi antara sistim KMI dan SIstim KEMDIKBUD.

Sistim KMI adalah singkatan dari Kulliyyatul Mu’allimin Al – Islamiyyah. KMI adalah sistim yang dibawa dari Pondok Pesantren Gontor di Jawa Timur yang kemudian diterapkan di Pondok Pesantren Darunnajat.  Cara kerja sistim ini adalah salah satunya ketika santri mendafar ke Pondok Pesantren Modern Darunnajat ini akan dimintai persetujuan antara pihak pondok, Wali santri dan santri itu sendiri untuk bersedia menimba ilmu di pondok selama 6 tahun dari kelas satu sampai kelas 6 KMI.

Sistim KMI adalah sistim yang pertama diterapkan sejak berdirinnya Pondok Peantren Modern Darunnajat.  Sampai akhirnya sekitar tahun 1996 mulai masuk sistim pembelajaran dari KEMDIKBUD dan kemudian dikolaborasikan. Kolaborasi ini mengakibatkan terbentuknya Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) yang kalau di luar kepondok pesantrenan biasa dikenal dengan sebutan SMP dan SMA/SMKsederajat.  Alhamdulillah sistim perpaduan  antara KMI dengan  KEMDIKBUD sudah berjalan lancar sampai saat ini, walau kadang terhalang beberapa kendala.

Tahun demi tahun Pondok Pesantren Modern Darunnajat ini mulai berkembang. Pernyataan ini bisa dilihat dari segi santri yang mulai bertambah, mulai dari hanya belasan orang santri yang masuk dan bertahan, sampai sekarang yang santrinya sudah mencapai tingkat ribuan.

Santri Pondok Pesantren Modern Di Bumiayu Ala Gontor

Bukan hanya pondok yang semakin berkembang melainkan karena kesadaran orang – orang tua bahwa memasukkan anaknya ke Pondok Pesantren, bukan hanya untuk mendidik anak tersebut menjadi anak yang ber-Akhlakul Karimah, melainkan pada zaman seperti ini sangat diperlukan sosok generasi bangsa yang berkualitas. Entah dilihat dari segi keahlian dalam ilmu pengetahuan, keterampilan, maupun kesadaran beragama dan bernegara.

Pondok Pesantren Modern Darunnajat Bumiayu, sekarang diasuh oleh KH. Aminuddin Masyhudi Bin Masyhudi Bin Abdul Ghoni, yang mendoktrin untuk Pondok Pesantren Modern Darunnajat sendiri bahwa, “Tiada Detik Yang Lewat Tanpa Sholawat”. Pondok Pesantren Modern Darunnajat masih mengalami proses pengembangan dari segi sarana, prasarana, dan juga santrinya, terutama dalam mengembangkan mutu dan kulaitas Santri Pondok Pesantren Modern Darunnajat.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *